Asia

Africa

Kegiatan PKK Kecamatan

Kegiatan PKK Desa

Progam

/ / / / Program Unggulan TP PKK Kabupaten Bojonegoro

Mungkin banyak diantara kita yang masih asing mendengar istilah KSBP, KSBP adalah Kebun Sehat Bergizi Posyandu yang tengah gencar disosialisasikan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro di tahun 2013 ini.

Demikian seperti yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Dra. Hj. Mahfudhoh Suyoto Msi saat memberikan sambutan pengarahan pada rapat Pleno PKK Kabupaten dan Kecamatan yang digelar di Gedung pertemuan PKK, yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Ibu Dra Hj. Siti Asminarti Setyo Hartono MM dan Ny. Ani Soehadi Moeljono serta Ketua TP PKK dari 28 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro bahwa KSBP ini adalah dalam rangka perbaikkan gizi untuk balita, ibu hamil dan lansia. Harus diakui bahwa pendanaan PKK sangat terbatas hanya mengandalkan sumber dari bantuan pemerintah saja, sehingga perbaikan gizi ini masih sangat susah dilakukan oleh TP PKK ditingkat desa. Apalagi kenyataan dilapangan bahwa alokasi dana untuk menunjang perbaikan gizi ini sangat jauh dari layak, sehingga PKK harus mencari upaya terobosan dalam rangka meningkatkan gizi bagi sasarannya.

Menurut Ketua TP PKK Bojonegoro dengan adanya rintisan KSBP ini akan memberikan efek yang luar biasa. Apalagi dalam aplikasinya dilapangan nanti bahwa KSBP akan dikelola oleh para kader PKK dengan sistem bagi hasil, sehingga akan terus menjadi program yang bergulir. Dijelaskan dengan sistem ini maka KSBP akan tetap tumbuh dan eksis ditengah masyarakat.

Lebih lanjut Ketua TP PKK menjelaskan KSBP nantiny dikelola kader PKK Desa, dan lahan adalah milik warga ataukah kader. Dengan demikian nantinya akan dibagi secara prosentase baik untuk kader, pemilik lahan maupun pengelola.

Kedepan untuk mensosialisasikan KSBP ini akan dibuat percontohan dimasing-masing kecamatan sejulah 1 desa sehingga pada tahun 2013 nanti akan terbentuk 28 KSBP. jumlah ini diharapkan akan terus mengalami peningkatan sehingga seluruh desa memiliki KSBP ini. Dijelaskan selain KSBP ini program lain yang digalakkan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten adalah GERPUKRUTANG yakni dimana limbah rumah tangga akan dikelola menjadi bahan yang memiliki nilai guna baik itu kompos dari limbah rumah tangga masing-masing keluarga.

Diakui untuk GERPUKRUTANG ini masih dalam kajian lebih lanjut saat ini masih dirintis disatu desa. Apabila nanti berhasil maka akan diterapkan diseluruh wilayah Bojonegoro.
Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja dari Pemerintah dalam kinerjanya adalah mendukung dan mensukseskan setiap program yang tengah dikerjakan oleh pemerintah. Sehingga setiap program yang dilaksanakan senantiasa sinkron dengan program pemerintah.

«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama

About Informasi Masyarakat

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Tidak ada komentar :

Leave a Reply